tugas 2

3 unsur yang menyebabkan munculnya aktifitas ekonomi
1 Kelangkaan, Keterbatasan kita menyebabkan banyak hal terasa langka (scare). Kelangkaan mencakup kuantitas, kualitas, tempat dan waktu. Sesuatu tidak akan langka jika jumlah (kuantitas) yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, berkualitas baik, tersedia dimana saja (disetiap tempat) dan kapan saja (waktu) dibutuhkan

2Pilihan-pilihan, Dalam setiap masyarakat selalu didapati bahwa kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya. Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang telah mereka peroleh dan mereka capai. Apabila keinginan sebelumnya sudah terpenuhi, maka keinginan yang lain akan muncul.Terbatasnya sumber data yang tersedia dibanding kebutuhan/ keinginan, menyebabkan manusia harus menentukan pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif.

3.Biaya Kesempatan,Ilmu ekonomi memandang manusia sebagai makhluk rasional. Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi, dengan membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dan ahsil yang diperoleh. Biaya yang dimaksudkan dalam konsep ilmu ekonomi (economic cost) berbeda dengan konsep biaya akuntansi (accounting cost)

Perbedaan perusahaan dan lembaga sosial

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

Fungsi lembaga sosial adalah untuk memberikan pedoman kepada anggota masyarakat tentang sikap dalam menghadapi masalah di masyarakat, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok, menjaga keutuhan dari masyarakat, sebagai paduan masyarakat dalam mengawasi tingkah laku masyarakatnya.
faktor-faktor yang mempengaruhi letak dan tempat perusahaan

  1. faktor penghematan biaya perusahaan (efisiensi), letak perusahaan yang strategis dapat memudahkan akses pengiriman bahan baku, maupun aktivitas perusahaan lainnya, tanpa mengeluarkan biaya-biaya transportasi maupun biaya angkut. faktor efisiensi peusahaan ini menyebabkan perusahaan dapat menentukan biaya produksi serta laba yang ingin dicapai.
  2. Faktor Pasar, letak perusahaan yang dekat dengan pasar dapat memudahkan para produsen dalam memasarkan dan menjual produknya dan memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi

Perbedaan-perbedaan lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha

Lingkungan ekstern atau eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada diluar organisasi dimana unsur-unsur ini tidak dapat dikendalikan dan diketahui terlebih dahulu oleh manager didalam pengambilan keputusan yang akan dibuat. Lingkungan eksternal terbagi menjadi 2, yaitu lingkungan eksternal mikro dan makro.

Lingkungan eksternal mikro yaitu, lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan management yang terdiri atas penyedia, langganan, para pesaing, lembaga perbankan dan bukan bank, dan lain sebagainya.

Lingkungan eksternal makro yaitu, lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung seperti kondisi perekonomian, perubahan teknology politik, sosial dan lain sebagainya.

Sumber:

Buku pengantar ekonmi 1, dosen: Sri Mutiasih.SE,MM

http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan

http://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_sosial http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_manajemen_umum/Bab_3.pdf

link: http://gunadarma.ac.id

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s