tugas 5

  1. Perbedaan menejemen dan organisasi

Hal yang berbeda antara organisasi dan manajemen adalah organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut, adapun persamaan dari organisasi dan manajemen ialah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.
Hubungan Organisasi, Administrasi dan Manajemen
Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa sesungguhnya administrasi dan manajemen adalah sama, hanya saja istilah administrasi digunakan pada badan / organisasi pemerintah, sedangkan istilah manajemen dipergunakan untuk organisasi swasta. Administrator sama artinya dengan manajer, tetapi organisasi untuk pemerintah. Hal ini dapat dilihat pada penggunaan istilah manajer untuk perusahaan swasta yaitu diantaranya manajer pemasaran, manajer pembelian dan lain-lain. Serta kepala bagian administrasi keuangan, kepala bagian administrasi kepegawaian dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan antara administrasi organisasi dan manajemen adalah sebagai berikut :
1. Kepemimpinan merupakan arti dari manajemen
2. Melalui manajemen semua kegiatan di koordinir dan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
3. Administrasi merupakan suatu kegiatan pelayanan, termasuk di dalam kegiatan administrasi adalah kegiatan pengelolaan atau manajemen administrasi dapat dilaksanakan di dalam atau diluar organisasi (formal).
4. Organisasi (formal) merupakan tempat dilaksanakannya kegiatan administrasi.

Mengapa manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktifitas kita??

Setiap aktifitas selalu membutuhkan manajemen,karena manajemen merupakan  acuan atau  pedoman kita  untuk memenuhi suatu tujuan yang kita inginkan.

  • Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan kita secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.
  • Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah kita  dalam menentukan hal  apa yang harus dikerjakan, hal apa yang harus dikerjakan pertama kali, bagaimana hal-hal tersebut dikelompokkan, dan lain-lain.
  • Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua pekerjaan tersebut   untuk mencapai  sasaran sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai.

Jadi perencanaan yang matang, pengorganisasian yang terorganisir dengan sempurna dan pengarahan yang tepat dapat membantu kita dalam memenuhi tujuan yang  akan kita capai.

Perbedaan manager yang efisien dan manager yg efektif

Manager yang  efektif  adalah manager  yang  dapat mencapai tujuannya sesuai dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya.

Manager yang efisien adalah manager yang dapat mencapai tujuannya secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam diri:

1. faktor internal

Adalah factor yang berasal dari dalam diri sendiri, terdiri dari:

a. Minat dan bakat

b. cita-cita

c. kepuasan diri sendiri

2. Faktor Eksternal

Adalah factor yang berasal dari luar :

a. pengaruh lingkungan

b. teman sepermainan

c. cara bergaul

sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/management

http://id.shvoong.com/business-management/management/1931288-perbedaan-antara-organisasi-dan-manajemen/

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s