LKKT II Karang Taruna EL-GRIND unit 9

Karang taruna merupakan wadah atau sarana bagi para pemuda Indonesia yang bergerak dibidang kesejahteraan social. Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian, sehingga para pemuda dapat dengan bebas menuangkan segala ideide dan gagasan-gagasannya secara positif.

Karang Taruna EL-GRIND unit 9 didirikan pada tahun 2007 yang berlokasi di Perumahan Lembah Griya Indah RW 9 Kelurahan Cipayung Jaya, Depok, dengan tujuan mengajak para kaum pemuda khususnya pemuda yang berada dan tinggal di Perumahan Lembah Griya Indah untuk dapat ikut berpartisipasi dan belajar untuk berorganisasi.

Ide didirikannya Karang Taruna ini berasal dari keresahan warga dengan banyaknya kaum pemuda yang tidak memiliki kegiatan, sehingga banyak pemuda yang hanya menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat seperti, nongkrong dijalan, merokok, bermain, mabuk-mabukan dan kegiatan-kegiatan negative lainnya. Maka dari itu ketua RW 9 dan warga-warganya yang lain memiliki inisiatif untuk mendirikan suatu wadah atau sarana pengembangan diri khusus untuk para pemuda RW 9.

Pada tahun 2007, Karang Taruna EL-GRIND unit 9 resmi dibentuk. Karang Taruna dimulai dengan pelantikan anggota-anggota Katar oleh pejabat RT dan RW  setempat yang dinamakan dengan LKKT dalam LKKT ini para calon anggota KATAR diberi bekal pengetahuan maupun pengarahan mengenai apa saja yang diperlukan dalam berorganisasi. Pada tahun 2010 KATAR EL-GRIND unit 9 kembali mengadakan LKKT II dalam rangka  menambah anggota untuk menggantikan kepengurusan KATAR periode sebelumnya. Saya pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Banyak manfaat yang rasakan dalam pelantikan LKKT ini yaitu salah satunya  saya bisa mendapat teman baru yang sebelumnya saya tidak kenal meskipun di dalam perumahan yang sama. Hal-hal yang sebelumnya saya tidak tahu mengenai tata cara berorganisasi bisa saya dapatkan dalam LKKT II ini. Dalam LKKT II ini para calon anggota KATAR periode 2010 dituntut untuk dapat bekerja sama dengan orang yang sebelumnya belum kita kenal, hal ini dilakukan agar para calon anggota KATAR dapat bekerja sama dengan orang siapapun dan dalam keadaan apapun.

LKKT II ini diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2010 di villa Lembah Gadog, Bogor, Jawa Barat. Dalam LKKT II ini saya dan calon KATAR yang lain belajar untuk dapat berorganisasi melalui simulasi-simulasi dan permainan-permaian yang menuntut adanya kerjasama antar tim. Diantaranya permainan tuli, bisu, dan buta, permainan halang rintang, simulasi menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, debat, dan lain-lain. Tujuan diadakannya permainan dan silmulasi-simulasi tersebut adalah untuk melatih dan membina para calon KATAR.

Berikut foto-foto selama LKKT II:

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to LKKT II Karang Taruna EL-GRIND unit 9

  1. away says:

    kereeeeeennnnnnnn,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s