Cara Belajar Yang Efektif

Cara belajar yang efektif sangatlah menentukan keberhasilan kita, karena belajar dengan cara yang salah akan menyebabkan hasil yang kita capai tidak maksimal, seperti yang kita harapkan dan kadang malah gagal. Adapan langkah-langkah cara belajar yang efektif adalah sebagai berikut :

1. Memilih Waktu untuk Belajar

Maksudnya adalah sebelum kita belajar, seharusnya pilihlah waktu yang tepat, misalnya pilihlah suana yang tenang karena dengan waktu yang yang tenang otak kita akan mudah untuk berkonsentrasi dalam menerima pelajaran yang kita pelajari

2. Belajar dengan Nyaman

Bila kita ingin menguasai suatu ilmu atau pengetahuan, maka belajarnya dengan nyaman, artinya kita tidak merasa terpaksa dengan ilmu atau pelajaran yang sedang kita pelajari

3. Kembangkan Materi

Tips yang selanjutnya adalah dengan mengembangkan materi yang sudah kita pelajari jadi kita tidak akan hanya belajar menerima dan bisa saja, namun lebih kepada menguasai pelajaran yang telah kita terima, misalnya pelajaran kita dapatkan tentang matematik 1+1=2 dengan mengembangkan materi kita tidak akan hanya mengerti 1+1=2 namun kita juga akan mengerti bahwa 1×2=2, 3-1=2 dan sebagainya.

4. Mencatat Pelajaran yang penting

Cara belajar yang efektif adalah dengan mencacat pelajaran yang penting saja, jangan semuanya kita catat, karena itu akan sangat membosankan dan otak akan merasa jenuh, cukup kita ambil materi-materi yang penting saja yang kita catat, dan kita pahami

5. Membaca Adalah Kunci Belajar

Cara belajar yang efektif tak kalah pentingnya adalah membaca, karena dengan membaca pengetahuan kita akan luas, bila kita jarang berpergian maka perbanyaklah membaca, karena dengan membaca mental kita yang akan dididik, membaca yang baik adalah bukan hanya menghabiskan materi yang kita baca namun harus bisa kita pahami, tentang materi yang kita baca, sehingga membaca kita akan terasa manfaatnya.

6. Hapalkan Kata kunci.

Cara belajar yang efektif selanjutnya adalah dengan menghafal kata kunci yang penting, (“bukan kunci mobil ya…?? He..he…. bercanda aja biar nggak suntuk membacanya”) kata kunci yang penting tidak bisa hanya dengan memahaminya saja, kita perlu juga untuk menghafalnya karena kata kunci yang penting tidak akan pernah berubah, misalnya, nama Nabi yang terakhir Nabi Muhammad S.A.W yang dari dulu sampai sekarang tetap itu, dimana Beliau lahir, meninggal, menikah itu tetap sama, jadi kita perlu untuk menghafalnya.

Demikianlah tips cara belajar yang efektif ala serba serba serbi, semoga bermanfaat. Dan teruslah belajar, dan dikembangkan terus cara belajarnya.

sumber:
http://www.zarnadi.com/2012/01/cara-belajar-yang-efektif.html

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s