Realisasi Penyerapan KPR Subsidi Baru Mencapai 3%

Jakarta – Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) mencatat baru 7.000 rumah sederhana yang bisa difasilitasi KPR subsidi atau fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) sepanjang 2012. Realisasi ini jauh dari target pemerintah pada tahun ini bisa merealisasikan 140.000 unit.

“Sekarang pemerintah punya target sendiri dari 600 ribu jadi 140 ribu realisasinya baru 7000 ribu, jadi baru sekitar 2-3%, dari target jauh banget,” kata Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Eddy Ganefo di Kantor Kadin, Senin (25/6/2012)

Ia mengatakan dengan peraturan menteri perumahan rakyat yang baru soal aturan FLPP dan harga rumah tapak dan rusun sederhana diharapkan pengembang bisa semangat membangun rumah. Meskipun dengan peraturan menteri baru itu membuat perubahan harga maksimal dari rumah sederhana untuk kalangan berpenghasilan rendah.

“Sebenarnya bukan naikkan harga, tapi Harga yang sebenarnya memang seperti itu, jadi peraturan itu hanya menyesuaikan saja, karena peraturan yang pertama itu nggak sesuai dengan yang di lapangan,” katanya.

Eddy menuturkan selama ini kenyataanya jika pemerintah tak mengubah harga maka semakin sulit penyerapan rumah bagi kalangan kelas bawah.

“Kalau dulu Rp 70 juta untuk tipe 36 itu nggak sanggup, Rp 80 juta sulit. Karena Rp 70-80 juta di Jabodetabek itu tipe di bawah 36. Sementara Tipe yang dibawah 36, tidak difasilitasi oleh pemerintah, tidak diberi subsidi. Justru itu yang jadi masalah, sehingga sekarang backlog perumahan itu 12,6 juta,” katanya.

Sumber:
http://finance.detik.com/read/2012/06/25/172114/1950393/1016/realisasi-penyerapan-kpr-subsidi-baru-mencapai-3?

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s