Reportase Jalan-jalan

Trip To Pangandaran

            Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang paling menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara. Terletak di semenanjung pantai selatan Jawa Barat sekitar 91 km dari Ciamis, Pangandaran menawarkan pasir pantai hitam dan putih, ombak yang tenang dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Resor ini menghadap ke Samudera Hindia, berjarak 223 Km dari Bandung dan 400 km dari Jakarta, dan terletak di pertengahan antara Bandung dan Yogyakarta. Perjalanan ke Pangandaran dapat ditempuh ± 9 jam perjalanan darat.

Tempat wisata yang paling sering dijadikan destinasi wisata oleh turis domestik  dan mancanegara diantaranya adalah Green Canyon, Pantai Batu Hiu, Pantai Indah Batu Karas, Pantai Barat, Pantai Timur, Cagar Alam, Pantai Pananjung dan lain sebagainya,. Potensi wisata ditempat ini cukup besar dan sangat menarik untuk dikunjungi dalam rangka liburan dan refreshing dari kesibukan rutin.

Walaupun pangandaran merupakan kawasan pantai, tetapi kawasan ini tidak seperti kawasan pantai yang biasanya panas dan berpasir, kawasan pangandaran adalah kawasan unik sejuk yang masih banyak pepohonan lebat dan rindang, suasana desa yang masih alami, udara yang masih segar dan hawanya yang dingin.

1. Cukang Taneuh (Green Canyon)

Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran.

            Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada tahun 1993. Namun, orang Sunda menyebut Green Canyon dengan sebutan Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat.

Sebelum mencapai kesana, pengunjung harus menaiki perahu atau sampan yang akan membawa mereka menyusuri aliran sungai  Cijulang yang berwarna hijau ini dan menyajikan pemandangan hijau nan  indah, harga yang ditawarkan untuk menaiki perahu ini adalah Rp. 150.000 perperahu.

            Setelah sekitar  10 menit berperahu, maka sampailah pengunjung ke Objek wisata ini. Objek wisata ini  merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

            Tidak disangka hujan yang turun disekitar Green Canyon ini bukanlah hujan biasa melainkan hujan yang diakibatkan oleh akar-akar pepohonan yang tumbuh diatas tempat ini. Pengunjung tidak hanya  diberi hiburan secara visual saja, ditempat ini pengunjung dapat merasakan sensasi dinginnya air yang mengalir  menyusuri lembah. Hanya dengan Rp. 150.000/perahu saja pengunjung diberi pelampung yang kemudian dapat digunakan oleh pengunjung untuk menyusuri seluk beluk aliran sungai Cijulang ini sampai 30 menit.

2. Pantai Indah Batu Karas

            salah satu obyek wisata unggulan lainnya di kawasan pantai selatan Kabupaten Ciamis ini adalah pantai indah Batukaras. Obyek wisata yang satu ini letaknya sekitar 32 KM dari kota Pangandaran atau sekitar 5 KM dari obyek wisata Green Canyon (Cukang Taneuh).

            Pantai ini menawarkan hiburan visual yang menarik, berupa pemandangan pantai yang indah dengan hawa yang sejuk tidak panas seperti kebanyakan pantai lainnya. Dipantai Indah Batu Karas banyak terdapat wahana wisata air diantaranya banana boat, jet sky, big boat atau donuts boat. Selain itu banyak wisata kuliner yang cukup memanjakan lidah para pengunjung. Water sport di pantai ini dapat dinikmati hanya dengan Rp. 150.000 perwahana sampai sepuasnya, dijamin aman karena dilengkapi pula pemandu dan pelampung.

3. Pantai Batu Hiu

            Batu Hiu merupakan salah satu tempat pariwisata yang berada di kota Ciamis. Batu hiu berjarak sekitar 14 km dari pangandaran sebagai objek wisata pilihan ketika anda datang ke Pangandaran. Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pangandaran ke arah Selatan. Memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong, kita menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih.

Pantai Batu Hiu ini terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena ada batu yang terlihat di laut ini dan menyerupai sirip ikan hiu. Untuk menikmati indahnya pantai, kita bisa naik ke atas bukit kecil di pantai ini. Dari atas bukit itulah kita bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu, merasakan sejuknya angin laut dan juga menikmati indahnya Samudra Indonesia.

Di bukit kecil yang ditanami pandan itulah tempat yang paling pas untuk menikmati pantai Batu Hiu.Uniknya, untuk naik ke atas bukit, kita melewati “gerbang” bikit berupa terowongan kecil yang berbentuk mulut ikan hiu. Jadi, seolah-olah kita masuk ke dalam mulut ikan hiu. Kita juga bisa bermain air laut di sebelah bukit. Namun hati-hati dengan ubur-ubur yang banyak berserakan di pasir pantai.

Sekitar 200 meter dari pinggir pantai terdapat seonggok batu karang yang menyerupai ikan hiu, karena itulah tempat ini dinamakan Batu Hiu. Hembusan angin pantai menemani kita saat melepaskan pandangan ke arah samudra atau hamparan pantai sebelah timur yang terbentang hingga Pangandaran.

 

                       

            Indonesia merupakan surganya pariwisata bahari, enjoy it.

 

 

 Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Cukang_Taneuh     
http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Batu_Hiu

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s