Membuat Tubuh Lebih Tinggi

Anak perempuan, umumnya tinggi badan tumbuh lebih cepat dibandingkan anak laki-laki, namun pada usia 17-18 tahun umumnya anak perempuan sudah tidak tumbuh lagi, sedangkan anak laki-laki bisa mencapai usia 21 tahun. Namun juga harus diingat bahwa genetik bukanlah satu-satunya faktor yang memperkirakan tinggi badan anak. Banyak faktor lain yang juga mempengaruhi tinggi badan kita, yaitu:

 

  • Kecukupan Gizi.

Pastikan kita mendapat cukup protein, lemak, vitamin (seperti vitamin A dan D) dan mineral (seperti zat besi, kalsium, seng dan yodium) karena sangat mempengaruhi peninggian badan.

  • Hormon pertumbuhan yang berfungsi merangsang pertumbuhan tulang.

Hormon tiroid dibutuhkan dalam melancarkan proses metabolisme tubuh. Hormon seks, yang terdiri dari hormon estrogen, progesteron, dan androgen, bertugas dalam proses pematangan seksual.

 

  • Dukungan lingkungan.

Kurangnya imunisasi, kurangnya kasih sayang, dan kondisi ekonomi dapat mempengaruhi nafsu makan dan kebutuhan kesehatan, sehingga proses peninggian badan pun terhambat.

 

 

Setelah Anda mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi badan, kini Anda bisa melakukan aktivitas yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan, misalnya:

 

  1. Stretching: gerakan meregangkan badan, sehingga tulang-tulang punggung tertarik memanjang. Gerakan ini jika dilakukan secara rutin dan intensif akan membantu merangsang penambahan panjang tulang-tulang punggung.
  2. Hanging: bergantung dengan kedua tangan. Gerakan ini merangsang pemanjangan tulang-tulang punggung.
  3. Kicking: menendang-nendangkankan kaki. Gerakan ini merangsang pertumbuhan tulang kaki sehingga memanjang secara optimal.
  4. Bersepeda: bersepeda dapat merangsang pertambahan panjang kaki. Menapak pedal secara rata, tidak jinjit, punggung tegap, tidak membungkuk. Bersepeda setiap hari dalam jarak yang cukup jauh, dapat membantu merangsang pertambahan panjang kaki.
  5. Berenang: saat berenang, seluruh badan mengalami peregangan dari badan sampai ujung kaki. Di samping itu, gerakan renang hampir melibatkan semua otot-otot tubuh.
  6. Olahraga basket atau voli sangat baik merangsang pertumbuhan badan, karena tubuh sering melakukan loncatan ke atas. Loncatan melawan gravitasi menimbulkan peregangan pada seluruh tubuh.

 

Referensi:
http://id.she.yahoo.com/berbagai-cara-membuat-tubuh-lebih-tinggi-113024375.html

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s