10 Kebiasaan Makan Sehat

Ghiboo.com – Yakin sudah benar kebiasaan makan Anda? Coba pikir kembali.

Meskipun sering dianggap sepele, kebiasaan makan yang sehat tentu saja meningkatkan kesehatan dan membantu menurunkan berat badan.

Berikut beberapa panduan untuk makan sehat dengan mudah, dilansir melalui Zent (28/8).
1. Menyempatkan sarapan. Sarapan dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu membakar lemak sepanjang hari.

2. Hindari makanan olahan. Makanan yang dibuat dari bahan-bahan segar lebih bergizi dan rendah garam, gula dan lemak. Plus, lebih enak!

3. Makan setiap 3-4 jam. Hal membuat tingkat gula drah dan insulin stabil. Selain itu, kebiasaan ini juga mencegah memakan makanan secara berlebihan nantinya.

4. Selalu warna-warni. Mencoba buah dan sayuran setiap hari dapat menjadi cara jitu mengatasi menu-menu yang membosankan. Plus, makanan ini kaya akan nutrisi penting.

5. Bersiaplah. Pastikan cemilan sehat selalu berada didekat Anda sehingga Anda tidak bisa melirik-lirik cemilan lainnya. Selain itu, coba bekukan makanan yang Anda masak untuk waktu tertentu, sehingga Anda tidak perlu membeli makanan junk food ketika lapar dan cara ini bikin hemat bin sehat.

6. Jujur. Yes, jujur juga diperlukan dalam urusan kesehatan. Coba jujur pada diri Anda sendiri atas apa yang Anda makan.

7. Masak ‘pintar’. Pilih minyak sehat, seperti minyak zaitun atau bunga matahari, dan gunakanlah bumbu dan rempah-rempah untuk rasa, bukan garam dan gula.

8. Hindari makanan berlemak. Pilih daging dan ikan tanpa lemak dan coba untuk makan dua porsi minyak ikan dalam seminggu untuk asupan vitamin D dan omega 3 asam lemak tak jenuh ganda demi kebaikan kulit, kuku dan rambut.

9. Makanan berwarna coklat. Makanlah tiga porsi biji-bijian setiap hari. Makanan ini penuh dengan vitamin dan mineral penting yang membuat Anda tetap kenyang sepanjang hari dan meningkatkan asupan serat. Semua ini berkontribusi untuk berat badan dan pencernaan sehat.

10. Minum. Tahukah Anda bahwa kelaparan merupakan tanda Anda kehausan? Dan setiap sel dalam tubuh membutuhkan air agar dapat berfungsi secara efisien? Yes, jangan lupa untuk minum setidaknya 8 gelas (2 liter) air setiap hari.

referensi:
http://id.she.yahoo.com/10-kebiasaan-makan-sehat-021400425.html

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s