Konsumsi Buah Sebelum Makan Besar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Serat memang baik bagi pencernaan manusia. Serat terdapat di sayur dan buah-buahan. Dengan mengonsumsi serat, konsumsi karbohidrat cenderung berkurang.

“Sebisa mungkin sebelum makan kasih umpan sayur dan buah. Jadi ketika makan besar, makanan yang masuk tidak terlalu banyak,” ujar dr. Duddy Mulyawan, Sp.PD.

Menurut Duddy, teknik pintar makan buah untuk menghindari gangguan pencernaan, dan menjaga berat badan adalah konsumsi buah yang mengandung banyak air seperti pear, pepaya, melon, serta konsumsi air mineral sedikitnya 1,5 liter per hari.

Sebelum makan, kita dapat mengonsumsi buah-buahan dan minum segelas air mineral. Misalnya pepaya, apel, pear, semangka, baik dikonsumsi di awal sebagai umpan makan, dan konsumsi makan besar pun tercukupi. Sebaliknya pisang, jeruk, atau jambu baik dikonsumsi di akhir makan.

Dan jangan “kalap” ketika melihat berbagai macam variasi makanan. Karena, setiap kita makan, otak butuh 20 menit untuk 20 menit untuk menangkap sensor tersebut. Jika sensor lambung sudah menangkap, membuat orang merasa kenyang, dan makan lagi beberapa jam kemudian.

“Selama komposisi tepat kita dapat hasil yang bagus. Bisa untuk menghindari konstipasi, pola BAB lancar, dan jaga berat badan,” lanjutnya.

 

referensi:
http://id.she.yahoo.com/konsumsi-buah-sebelum-makan-besar-113534318.html

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s