Mau Cegah Diabetes, Coba Olahraga Ini

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON – Olah raga angkat beban, dan bukan cuma aerobik, berkaitan dengan risiko lebih rendah orang terserang diabetes, demikian hasil satu studi di AS.

“Kita semua tahu olah raga aerobik bermanfaat buat menangkal diabetes –banyak studi telah meneliti itu– tapi tak ada studi yang pernah meneliti olah raga angkat beban,” kata pemimpin studi tersebut Frank Hu, dari Harvard School of Public Health.

“Studi ini menunjukkan olah raga angkat beban penting untuk menghadapi diabetes, dan barangkali sama pentingnya dengan olah raga aerobik,” kata Hu.

Hu dan rekannya, yang laporannya disiarkan di Archives of Internal Medicine, menggunakan data lebih dari 32.000 pria profesional sehat, yang menjawab daftar pertanyaan setiap dua tahun dari 1990 sampai 2008.

Secara rata-rata, empat dari 1.000 pria terserang diabetes tipe 2 setiap tahun, demikian temuan para peneliti tersebut, sebagaimana dikutip Reuters

Risiko terkena gangguan gula darah tersebut hanya separuh di antara pria yang menjalani olah raga aerobik –seperti jalan cepat, jogging atau main tenis sedikitnya 150 menit per pekan, dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga aerobik.

Pria yang melakukan olah raga angkat beban selama 150 menit atau lebih memiliki pengurangan risiko sepertiga dibandingkan dengan mereka yang tak pernah berolahraga angkat beban, terlepas dari apakah mereka berolahraga aerobik atau tidak.

Meskipun olah raga angkat beban meningkatkan massa otot dan dapat mengurangi kegemukan di perut, olah raga itu cenderung tidak memangkas berat tubuh secara keseluruhan, kata Hu.

Hasil tersebut tak membuktikan olah raga mencegah diabtes, sebab banyak pria yang tetap sehat mungkin juga lebih sehat dengan cara lain. Namun para peneliti itu berusaha sebaik mungkin untuk memperhitungkan perbedaan potensial seperti itu, termasuk usia, merokok dan pola makan.

referensi:
http://id.she.yahoo.com/mau-cegah-diabetes-coba-olahraga-ini-043504026.html

About Rosita

saya adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di daerah depok yaitu universitas Gunadarma.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s